RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Larutan Elektrolit
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 2
Kelas / Semester : X / 2
1. Standar Kompetensi : Memahami sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi.
2. Kompetensi dasar : Mengidentifikasi sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.
3. Indikator:
(1) Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit melalui percobaan.
(2) Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan hantaran listriknya.
(3) Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik.
(4) Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
2. Kompetensi dasar : Mengidentifikasi sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.
3. Indikator:
(1) Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit melalui percobaan.
(2) Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan hantaran listriknya.
(3) Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik.
(4) Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
4. Tujuan:
Siswa dapat,
(1) Menjelaskan tanda-tanda hantaran listrik melalui larutan elektrolit.
(2) Menunjukkan melalui percobaan perbedaan larutan elektrolit dan non elektrolit.
(3) Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan hantaran listriknya.
(4) Menjelaskan kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik.
(5) Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
Siswa dapat,
(1) Menjelaskan tanda-tanda hantaran listrik melalui larutan elektrolit.
(2) Menunjukkan melalui percobaan perbedaan larutan elektrolit dan non elektrolit.
(3) Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan hantaran listriknya.
(4) Menjelaskan kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik.
(5) Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
5.Materi Ajar :
o Membedakan melalui percobaan larutan elektrolit dan non elektrolit.
o Teori ion Arrhenius.
o Elektrolit senyawa ion dan senyaw akovalen polar.
o Elektrolit kuat dan elektrolit lemah.
o Membedakan melalui percobaan larutan elektrolit dan non elektrolit.
o Teori ion Arrhenius.
o Elektrolit senyawa ion dan senyaw akovalen polar.
o Elektrolit kuat dan elektrolit lemah.
6. Metode pendekatan:
o Penyampaian informasi
o Eksperimen
o Diskusi
o Penyampaian informasi
o Eksperimen
o Diskusi
6. Alokasi Waktu
4Jam pelajaran.
4Jam pelajaran.
7. Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Perkenalan
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Perkenalan
Kegiatan Inti 75 menit)
o Melakukan percobaan dan diskusi untuk membedakan larutan elektrolit dan non elektrolit
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan hantaran listrik melalui larutan.
o Menyimpulkan larutan elektrolit dan noin elektrolit.
o Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 6.2 dan6.3.
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
Kegiatan Inti (75 menit)
o Membahas teori ionisasi elektrolit melalui diskusi kelas.
o Membahas jenis ikatan kimia dalam elektrolit melalui diskusi kelas,
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi.
o Menugaskan siswa untuk:
1) Mengerjakan Latihan 6.1 dari buku paket.
2) Mempelajari LKS 6.3 dan 6.5.
o Salam penutup.
8. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
9. Penilaian:
A. PPK
B. Praktik
C. Afeksi